Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri dan karakter Murai Batu Jambi

gambar murai batu jambi
Ilustrasi Murai Batu Jambi

Onkicau.com - Murai Batu (MB) Jambi sering dikatakan sebagai Murai Batu semi gembung. Persepsi tersebut muncul karena ulah sebagian pedagang Murai Batu Borneo (Palangka) bahan yang seringkali dikatakan sebagai Murai Batu Jambi agar lebih laku dengan harga yang lebih tinggi.

Padahal sebetulnya Murai Batu Jambi memiliki ciri-ciri dan karakter sama seperti Murai Batu asal Sumatera lainnya, mulai dari postur tubuh, pola ekor, dan karakternya yang beragam, ada yang mainnya nagen dan ada juga yang atraktif.

Wilayah Jambi terdiri dari hutan pesisir yang didominasi oleh rawa-rawa, hutan dataran rendah dengan kerapatan sedang dan hutan dataran tinggi sepanjang bukit barisan.

Perbedaan lingkungan dari masing-masih wilayah yang menjadi habitat alami burung Murai Batu tersebut mempengaruhi bentuk fisik, gaya dan karakter dari Murai Batu Jambi.

Baca juga: Ciri-ciri dan kelebihan Murai Batu Aceh

Berikut ini ciri-ciri fisik dan karakter Murai Batu Jambi:

1. Murai Batu Jambi yang berasal dari wilayah rawa memiliki postur tubuh kecil dan warna bulu pada bagian perutnya memudar terang, ekor pendek sampai medium dengan karakter agresif dan atraktif. Penyebarannya yang paling banyak salah satunya di wilayah Tungkal.

2. Murai Batu Jambi yang berasal dari dataran rendah memiliki postur tubuh kecil sampai sedang dan warna bulu bagian bawahnya lebih gelap, ekor pendek sampai medium dengan karakter lebih kalem. Penyebarannya mulai dari Muara Bulian, Petaling, Muara Bungo, Muara Tebo, Bangko, dan Pauh.

3. Murai Batu Jambi yang berasal dari dataran tinggi memiliki postur tubuh lebih besar dan warna bulu bagian bawah lebih gelap dengan ekor cenderung lebih panjang dan kadang ada yang melengkung. Penyebarannya meliputi Bukit 30 Kerinci dan Batang Asai.

Burung Murai Batu asal Jambi mulai diperhitungkan oleh para Kicau Mania karena banyak yang berprestasi di ajang lomba burung kicau tingkat Nasional. Oleh karena itulah kemudian banyak penggemar Murai Batu yang mencari Murai Batu Jambi untuk dijadikan gaco lomba.

Tapi tidak semua Murai Batu Jambi memiliki kualitas lomba, semua tergantung dari kualitas masing-masing individu Murai Batu itu sendiri dan pola perawatan yang diterapkan, karena Murai Batu dari daerah manapun pasti ada yang memiliki potensi untuk menjadi juara.

Baca juga: Mengenal jenis-jenis Murai Batu ekor hitam dari Pulau Sumatera

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri dan karakter Murai Batu Jambi yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Murai Batu (MB), dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri dan karakter Murai Batu Jambi"