Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perawatan tepat untuk burung Branjangan pada saat mabung/ngurak

Mabung/ngurak merupakan siklus alami yang akan di alami semua jenis burung termasuk burung Branjangan. Pada saat mabung/ngurak, burung Beanjangan akan lebih banyak diam dan tidak terlalu aktif berkicau karena proses pergantian bulu ini akan menyerap 25% dari total protein yang ada didalam tubuh burung.

Oleh karena itu, selama masa mabung/ngurak, burung perlu mendapat asupan protein lebih banyak agar proses mabungnya berjalan normal.

Proses ini sangat penting bagi burung karena tubuh burung harus bekerja ekstra untuk mendapatkan gizi yang cukup untuk membentuk pertumbuhan bulu-bulu baru dengan sempurna.

Burung yang sedang dalam masa mabung/ngurak juga memerlukan energi yang besar untuk memproduksi bulu-bulu baru. Kebutuhan akan energi yang besar tersebut mengharuskan burung untuk mengkonsumsi lebih banyak makanan selama masa mabung/ngurak agar dapat membentuk pertumbuhan bulu-bulu baru dengan sempurna.

Berikut ini tips perawatan burung Branjangan pada saat mabung/ngurak:

• Tempatkan burung ditempat yang tenang dan sepi, jauh dari lalu lalang Manusia dan burung sejenis.

• Sebaiknya burung lebih banyak dikerodong agar bisa beristirahat dengan tenang untuk menyelesaikan masa mabungnya.

• Pada saat mabung/ngurak, burung tidak perlu dimandikan dan tidak perlu dijemur. Cukup di angin-anginkan saja sebentar pada pagi hari.

• Bersihkan kandangnya setiap hari agar burung merasa nyaman dan terhindar dari serangan penyakit akibat kotoran yang menumpuk, karena burung lebih banyak dikerodong pada saat mabung/ngurak.

• Ganti atau tambahkan pakannya dan ganti air minumnya dengan yang baru setiap hari agar tidak terjangkit bakteri yang dapat mengganggu kesehatan burung.

• Perbanyak porsi pemberian extra fooding (EF) seperti jangkrik, kroto dan ulat hongkong (UH) karena sangat diperlukan untuk pembentukan sel-sel baru dan untuk pembentukan bulu-bulu baru.

• Berikan multivitamin cair pada air minumnya 2x seminggu untuk menjaga kondisi tubuh burung agar tetap fit.

• Lakukan pemasteran, karena pada saat mabung/ngurak burung lebih banyak diam dan pastinya lebih fokus mendengar dan merekam suara-suara masteran.

Masa mabung/ngurak, adalah saat yang tepat untuk mengisi variasi suara burung Branjangan sesuai dengan yang kita inginkan. Lakukan pemasteran dengan tepat, sesuaikan karakter suara burung dengan suara burung masteran.

• Bubukan batu bata didasar kandangnya harus diganti minimal satu minggu sekali.

Lakukan perawatan di atas secara rutin dan konsisten sampai burung Branjangan menyelesaikan masa mabungnya dengan sempurna, baru bisa diterapkan pola perawatan harian seperti sebelum mabung/ngurak.

Baca juga:

Tips perawatan burung Branjangan agar cepat gacor

Ciri-ciri perbedaan burung Branjangan jantan dan betina

Tips perawatan burung Sikatan Jawa/Kipasan bakalan agar cepat bunyi

Demikian sedikit informasi tentang "Perawatan tepat untuk burung Branjangan pada saat mabung/ngurak". Untuk informasi lain seputar burung Branjangan, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Burung Branjangan Mabung

Post a Comment for "Perawatan tepat untuk burung Branjangan pada saat mabung/ngurak"