Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips perawatan anakan burung Cucak Rowo agar sehat dan cepat besar

Ilustrasi Burung Cucak Rowo

Onkicau.com - Beternak burung Cucak Rowo merupakan salah satu usaha yang memiliki prospek cukup baik karena penggemar burung ini cukup banyak dan harga jualnya juga cukup tinggi.

Dalam beternak burung Cucak Rowo ada dua cara pembesaran anakan/piyik burung ini, yaitu dengan membiarkan anakan/piyik di asuh oleh induknya sendiri atau dirawat sendiri dengan mengambil anakan/piyik Cucak Rowo pada usia 5 hari setelah menetas.

Rata-rata peternak burung Cucak Rowo lebih memilih untuk merawat/meloloh anakan Cucak Rowo karena dari sisi ekonomi lebih menguntungkan. Dengan merawat anakan/piyik sendiri maka indukan Cucak Rowo akan lebih cepat produksi lagi.


Keuntungan dari merawat anakan/piyik Cucak Rowo sendiri:

(Ilustrasi  anakan/piyik Cucak Rowo)


• Indukan Cucak Rowo akan cepat bertelur lagi, biasanya satu minggu setelah anakan/piyiknya di ambil dari sarangnya.

• Anakan Cucak Rowo menjadi lebih jinak dan tidak takut dengan Manusia.

• Cucak Rowo hasil penangkaran bisa memiliki suara kicauan yang lebih bervariasi jika rutin di master dari anakan.

• Burung Cucak Rowo juga lebih mudah untuk dilatih sehingga suaranya bisa di sesuaikan dengan keinginan pemiliknya dengan cara di master menggunakan suara burung yang di kehendaki.

• Burung Cucak Rowo hasil penangkaran tidak mudah stress dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, sehingga pada saat dilombakan dapat kerja dengan maksimal.

Setelah kita mengambil anakan/piyik Cucak Rowo dari sarangnya, maka kita harus menyiapkan beberapa perlengkapan untuk keperluan merawat anakan Cucak Rowo.

Peralatan yang perlu dipersiapkan antara lain: ruangan inkubator, lampu pijar, alat pengukur temperatur ruangan dan kertas koran untuk tatakan/alas kandang.

Selanjutnya anakan/piyik Cucak Rowo yang telah berumur lima hari dimasukkan ke ruangan inkubator yang telah disiapkan, tapi terlebih dulu suhunya di atur agar sama seperti suhu pada waktu pengeraman yaitu 28°C - 30°C.

Suhu ruang inkubator harus selalu dikontrol setiap 2 jam sekali dan jika suhunya melebihi dari yang sudah ditentukan, kita bisa menggeser posisi anakan/piyik Cucak Rowo agak menjauh dari lampu pijar agar tidak kepanasan. Dan jika suhunya kurang, posisi anakan/piyik Cucak Rowo didekatkan dengan lampu pijar agar lebih hangat.


Berikut ini cara merawat anakan/piyik Cucak Rowo yang baik dan benar:

• Pada tahap penyuapan/meloloh anakan Cucak Rowo, pemberian ekstra fooding (EF) berupa serangga harus selalu tercukupi agar burung sehat dan pertumbuhannya optimal.

Setelah anakan/piyik Cucak Rowo mulai keluar dari sarangnya, porsi pemberian pakan perlu ditambah, karena pada masa ini anakan Cucak Rowo lebih sering meminta disuapi dan terlihat selalu lapar.

Untuk menjadikan anakan/piyik Cucak Rowo lebih cepat besar, kita perlu memperhatikan cara perawatannya dari mulai anakan dengan cara memberikan pakan yang berkualitas dengan porsi yang tepat.

Berikut ini jenis pakan yang cocok untuk meloloh anakan/piyik Cucak Rowo agar sehat dan cepat besar:

• Berikan voer yang dicampur dengan air matang agar menjadi bubur, selanjutnya di bentuk bulat seperti biji jagung untuk memudahkan kita melolohkannya pada anakan/piyik Cucak Rowo. Atau bisa juga membeli voer khusus untuk meloloh anakan burung yang sudah berbentuk bulatan-bulatan gepeng dan tinggal diseduh dengan air hangat agar menjadi lunak. Setelah diloloh voer, kemudian berikan air minum dengan cara diteteskan kedalam paruhnya.

• Selanjutnya berikan satu tetes vitamin B kompleks sehari 3 kali.

• Setelah diloloh voer, biarkan selama 2-3 menit lalu berikan jangkrik bondol, tapi kaki dan kepalanya dibuang terlebih dulu. Atau berikan kroto segar sebagai menu ekstra foodingnya.

• 2-3 menit kemudian berikan kalsium sirup untuk pertumbuhan tulangnya dengan dosis 1 tetes sehari 3 kali.

Suapi/loloh anakan Cucak Rowo setiap 1 jam sekali. Untuk selanjutnya setelah anakan burung berumur 7 hari lakukan penjemuran pada jam 07.00 sampai jam 07.30 pagi.

Lakukan semua tahapan perawatan tersebut secara rutin dan konsisten sampai anakan burung Cucak Rowo bisa makan sendiri.


Demikian sedikit informasi tentang tips perawatan anakan burung Cucak Rowo agar sehat dan cepat besar yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Cucak Rowo dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

1 comment for "Tips perawatan anakan burung Cucak Rowo agar sehat dan cepat besar"