Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara pemasteran Kacer yang benar agar cepat ngisi

gambar burung kacer daput
Burung Kacer Poci

Onkicau.com - Kacer termasuk burung ocehan yang cukup cerdas karena bisa menirukan berbagai macam suara kicauan burung lain yang sering didengarnya, sehingga materi lagunya bisa lebih bervariasi jika rutin dimaster dengan suara-suara burung lain.

Tapi ada juga burung Kacer yang tidak dapat merekam suara masterannya sama sekali meskipun sudah dimaster setiap hari. Hal itu bisa disebabkan karena burung Kacer tersebut memang kurang cerdas atau bisa juga karena karakter suara masterannya tidak cocok dengan karakter suara burung Kacer yang dimaster.

Agar burung Kacer bisa cepat merekam suara masterannya, maka proses pemasteran harus dilakukan dengan benar dan menggunakan suara masteran yang sesuai dengan karakter suaranya.


Berikut ini cara pemasteran Kacer yang benar agar cepat ngisi:

1. Menggunakan suara burung yang cocok

Gunakan burung masteran yang memiliki karakter suara dan tipe lagu yang cocok dengan karakter suara dan tipe lagu burung Kacer yang akan dimaster.

2. Waktu pemasteran yang tepat

Waktu pemasteran yang ideal dilakukan minimal selama 4 jam perhari. Semakin sering dan semakin lama burung Kacer mendengarkan suara masterannya maka akan semakin maksimal hasilnya.

3. Mengatur jarak yang ideal

Atur jarak ideal antara burung masteran atau suara masteran dengan burung Kacer yang di master, yaitu sekitar 2 - 6 meter. Usahakan jaraknya tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh agar suara burung masteran bisa terekam dengan sempurna.

4. Jangan melakukan pemasteran terlalu over

Agar hasilnya maksimal, sebaiknya jangan melakukan pemasteran terlalu over. Artinya, jangan melakukan pemasteran dengan terlalu banyak burung masteran / suara masteran dalam waktu yang bersamaan, karena hal itu justru akan membuat burung Kacer yang di master tidak bisa merekam suara-suara masterannya dengan baik, dan kalaupun ngisi biasanya hanya sepotong-sepotong saja.

Pemasteran yang paling efektif sebetulnya harus dilakukan dengan menggunakan satu burung masteran saja atau satu suara masteran terlebih dulu sampai burung Kacer fasih merekam suaranya. Setelah fasih, baru dimaster dengan suara burung lainnya.

Pilihlah burung masteran yang gacor dan memiliki kualitas suara bagus. Suara burung masteran harus jelas, speed interval sedang (tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat), suaranya jernih dan durasinya panjang.

Selain volume suara dan irama lagu burung masteran yang bagus, pilihlah "pitch" burung masteran yang lebih tinggi. Hal ini sangat penting karena semakin tinggi pitch-nya maka akan membuat lagu menjadi lebih dinamis dan tidak monoton.


Demikian sedikit informasi tentang cara pemasteran burung Kacer yang benar agar cepat ngisi yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara pemasteran Kacer yang benar agar cepat ngisi"