Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menangkap burung Derkuku liar dengan jerat dan jontrot

gambar burung derkuku pikat
Burung Derkuku / Tekukur Pikat
Onkicau.com - Burung Derkuku/Tekukur sekarang ini semakin banyak penggemarnya karena suara anggungannya begitu merdu dan enak didengar.

Selain itu, harga ombyokan burung Derkuku juga cukup murah dan mudah dipelihara karena jenis pakannya adalah biji-bijian, jadi tidak perlu dilatih untuk makan voer seperti burung ocehan.

Tapi jika membeli burung Derkuku ombyokan, tentunya kita tidak tahu seperti apa kualitas suaranya karena burung tersebut belum bunyi.


Tidak semua burung Derkuku memiliki suara anggungan yang bagus, karena masing-masing burung Derkuku memiliki karakter suara yang berbeda-beda seperti halnya burung Perkutut, ada yang suaranya kecil dan ada yang suaranya besar/tebal, ada yang suaranya merdu dan ada juga yang cempreng, ada yang suara ujungnya tanpa kuk, kuk-1, kuk-2, dan ada yang kuk-3.

Oleh sebab itu, banyak penggemar burung Derkuku yang lebih memilih untuk menangkap burung Derkuku liar yang sudah terpantau suara manggungnya bagus dengan cara dipikat menggunakan jontrot dan alat jerat. Untuk membuat jebakan burung Derkuku/Tekukur, kita bisa menggunakan benang nilon.

Berikut ini cara membuat jerat untuk menangkap burung Derkuku liar menggunakan benang nilon:

Bahan-bahan yang diperlukan:

gambar bahan-bahan untuk membuat alat jerat burung

1. Kenur atau benang nilon (bisa warna hitam atau putih)

2. Belahan bambu yang telah di bentuk.

3. Bambu yang dibuat sebesar lidi dengan ukuran pendek yang dibuat tajam.

4. Bambu yang dibuat seukuran lidi dengan ukuran panjang yang dibuat lentur.

5. Bambu kecil panjang untuk tiang jebakan.

Cara merakitnya:

gambar alat untuk menjerat burung derkuku liar

1. Bambu yang sudah dibelah dan sudah di bentuk tadi ditancapkan ke tanah.

2. Kemudian lidi yang panjang dipasang disebelahnya.

3. Lidi kecil yang sudah di ikat ke bambu kecil dijadikan tiang dan ditancapkan disebelahnya, lalu lidi yang kecil ditarik sampai melengkung dan dikaitkan ke belahan bambu yang sudah di bentuk dan apit dengan lidi yang panjang.

4. Kenur atau benang nilon yang sudah dibuat ikatan melingkar di ujung lidi kecil ditarik di atas lidi yang panjang.

5. Bentuknya ikatannya dibuat melingkar, nantinya ketika lidi yang panjang di injak oleh burung Derkuku/Tekukur, maka lidi yang kecil akan lepas dari kaitnya kemudian bambu kecil panjang yang tadi ditarik sampai melengkung akan menarik kenur/benang nilon tersebut dan akan mengikat kaki burung Derkuku, karena tali nilon yang dibuat ikatan kendor tersebut diletakkan ditanah yang nantinya akan dilewati oleh burung Derkuku.

Kita bisa membuat alat jerat tersebut beberapa buah dan diletakkan mengelilingi burung Derkuku yang dijadikan jontrot/pikat.

Pasang alat jerat dan burung Derkuku jontrot di lokasi yang terpantau ada burung Derkuku liar bersuara bagus yang kita incar.

Gunakan burung Derkuku yang gacor dan sudah terlatih sebagai jontrot/pikat sehingga bisa memancing burung Derkuku liar untuk datang mendekat.

Tempatkan burung Derkuku Jontrot di tanah dan pasang jeratnya mengelilingi burung jontrot tersebut, sehingga ketika ada burung Derkuku liar yang datang menghampiri burung Derkuku jontrot akan langsung terjerat kakinya.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang cara menangkap burung Derkuku liar dengan menggunakan alat jerat dan jontrot/pikat yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Derkuku, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara menangkap burung Derkuku liar dengan jerat dan jontrot"