Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Katuranggan burung Derkuku yang suaranya bagus

gambar burung derkuku liar
Burung Derkuku / Tekukur
Onkicau.com - Burung Derkuku/Tekukur merupakan salah satu jenis burung anggunan yang cukup banyak peminatnya karena burung ini memiliki suara anggungan yang merdu dan enak didengar.

Bagi para penggemar burung ini, mendengarkan suara anggungan burung Derkuku bisa membuat suasana hati menhadi tentram dan damai (adem ayem).

Tapi tidak semua burung Derkuku memiliki suara anggungan yang bagus karena masing-masing burung memiliki karakter suara yang berbeda-beda.


Untuk memilih burung Derkuku yang suaranya bagus, cara yang paling tepat adalah dengan mendengarkan langsung suara manggungnya.

Tapi jika yang akan dibeli adalah burung Derkuku bakalan yang belum bunyi, maka untuk memprediksi suara anggungannya, bisa dengan cara melihat katuranggan atau bentuk fisiknya.

Berikut ini cara memilih burung Derkuku yang suaranya bagus berdasarkan katuranggan:

Katuranggan adalah pengetahuan tentang bentuk tubuh untuk memperkirakan kualitas seekor burung, termasuk kualitas suaranya.

Ciri-ciri fisik tersebut bisa dilihat dari bentuk kepala, paruh, leher, ekor, kaki dan bagian-bagian tubuh lainnya yang diyakini merupakan gambaran dari kualitas suara burung Derkuku.

Jaman dulu, para penggemar burung Derkuku selalu melihat katuranggannya dulu sebelum membeli atau memeliharanya, karena katuranggan memegang peranan penting dalam memilih burung Derkuku bakalan yang belum bunyi untuk memprediksi kualitas suaranya.

Berikut ini beberapa ciri-ciri yang bisa dijadikan panduan untuk memilih burung Derkuku yang suaranya bagus:

Bentuk kepala:

1. Njambe nom

Burung Derkuku yang bentuk kepalanya "njambe nom" atau seperti buah jambe/pinang yang masih muda pada umumnya memiliki suara anggungan yang bagus dan iramanya juga bagus.

Kemerduan suara dan irama lagu burung Derkuku yang bentuk kepalanya "njambe nom" dapat bertahan lama, bahkan semakin tua suaranya akan semakin bagus.

2. Mbeton nongko

Burung Derkuku yang bentuk kepalanya "mbeton nangka" atau seperti biji buah nangka juga memiliki kualitas suara yang bagus. Tapi kualitas suaranya akan semakin menurun setalah usianya tua.

3. Nggobok

Burung Derkuku yang bentuk kepalanya "nggobok" atau bulat seperti uang logam biasanya pada umur pertengahan sekitar 25 tahun, kualitas suara anggungannya akan mulai menurun.

4. Mbungkul bawang

Burung Derkuku yang bentuk kepalanya "mbungkul bawang" diperkirakan kualitas suaranya tidak bisa stabil, kadang bagus dan kadang mlempem tidak ada kemajuan.

5. Nakir kuwalik

Burung Derkuku yang bentuk kepalanya "nakir kuwalik" atau seperti takir terbalik tidak bisa diharapkan suara anggungannya.

Takir adalah tempat makanan tradisional atau sesaji yang terbuat dari daun pisang berbentuk segi empat.

Bentuk tubuh:

1. Nuntut gedhang

Burung Derkuku yang memiliki bentuk tubuh "nuntut gedhang" atau seperti kuncup bunga pisang biasanya memiliki suara anggungan yang panjang, terdengar jelas dan merdu.

2. Buah nangka

Burung Derkuku yang memiliki bentuk tubuh seperti buah nangka diperkirakan memiliki suara tengah yang cukup bagus.

3. Mbluluk

Burung Derkuku yang memiliki bentuk tubuh "mbluluk" atau seperti buah kelapa yang masih muda diperkirakan memiliki suara tengah yang cukup bagus dan biasanya suara ujungnya tumpang sari (kuk dua).

4. Njagung nglobot

Burung Derkuku yang memiliki bentuk tubuh "njagung nglobot" atau seperti jagung tua yang masih terbungkus kulitnya diperkirakan memiliki suara anggungan yang kurang bagus.

5. Wungkal gerang

Burung Derkuku yang memiliki bentuk tubuh "wungkal gerang" atau seperti batu pengasah pisau yang sudah aus diperkirakan memiliki suara anggungan yang tidak bagus.

Bentuk ekor:

1. Nyecak

Burung Derkuku yang bentuk ekornya "nyecak" atau seperti ekor cicak, panjang lurus dan meruncing diperkirakan memiliki suara anggungan yang bagus sekali, bersih dan mengkristal.

2. Linggis

Burung Derkuku yang bentuk ekornya seperti linggis, panjang, lurus dan agak tumpul diperkirakan memiliki suara anggungan yang cukup bagus.

3. Kukusan

Burung Derkuku yang ekornya berbentuk seperti "kukusan" atau mengerucut dengan ujung meruncing tapi agak pendek, diperkirakan memiliki suara anggungan yang cukup bagus.

4 Mendok Keris

Burung Derkuku yang bentuk ekornya seperti pendok Keris diperkirakan memiliki suara anggungan yang kurang bagus.

5. Sapu gerang

Burung Derkuku yang bentuk ekornya seperti sapu gerang atau sapu lidi yang sudah lama digunakan, diperkirakan suara anggungannya jelek sekali, tapi cukup tebal.

Umumnya burung Derkuku yang suara anggungannya bagus memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

• Bentuk kepala njambe nom.

• Paruh sedang tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek serta lurus agak mendongak ke atas.

• Leher panjang dengan bintik-bintik bulu di lehernya lembut dan banyak sekali.

• Tubuhnya berbentuk seperti "tuntut gedhang" agak panjang.

• Bentuk punggungnya agak membungkuk.

• Ekor panjang, lurus, dan meruncing.

• Pembawaannya tenang dengan sorot mata tajam.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang katuranggan burung Derkuku yang suara anggungannya bagus. Untuk informasi lain seputar burung Derkuku, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Katuranggan burung Derkuku yang suaranya bagus"