Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips memilih anakan Puter Pelung yang suaranya bagus

gambar anakan burung puter pelung
Anakan burung Puter Pelung umur 3 bulan
Onkicau.com - Puter Pelung adalah salah satu jenis burung anggungan yang cukup banyak penggemarnya karena burung ini memiliki suara anggungan yang melung dan merdu.

Banyak penggemar burung Puter Pelung yang memilih untuk memelihara burung ini dari anakan dengan tujuan agar lebih jinak dan mudah dibentuk. Selain itu harganya juga lebih murah dibanding burung yang sudah jadi (gacor).

Tapi seringkali piyik/anakan burung Puter Pelung yang dibeli tidak sesuai harapan karena setelah dipelihara sampai dewasa ternyata suara anggungannya tidak seperti yang diharapkan.

Untuk mendapatkan anakan burung Puter Pelung yang nantinya memiliki suara bagus sebaiknya belilah pada peternak yang terpercaya.

Pantau dan dengarkan dulu suara anggungan indukannya, baik pejantan maupun betinanya karena kemungkinan besar indukan yang bersuara bagus juga akan memiliki keturunan yang bersuara bagus.

gambar indukan burung puter pelung
Anakan burung Puter Pelung dan induknya
Tanyakan juga kepada peternaknya bagaimana kualitas anakan sebelumnya, apakah rata-rata anakannya mewarisi kualitas induknya atau tidak. Jika anakannya rata-rata memiliki kualitas suara seperti induknya berarti daya turun dan cetak indukan tersebut termasuk bagus, jadi kita bisa membeli anakannya.

Belilah burung Puter Pelung yang memakai ring penanda peternakannya. Hal ini penting sekaligus sebagai garansi bahwa burung ini berasal dari peternakan tersebut dan kita bisa komplain jika nantinya ada masalah ke depannya.

Burung Puter Pelung yang berumur 4 - 5 bulan akan mulai belajar manggung. Pada usia tersebut suara angkatan pertama biasanya bunyinya lebih panjang daripada anggungan seterusnya karena burung masih muda dan belum stabil.

Jika tidak ada tanda-tanda peningkatan pada kualitas suaranya setelah burung Puter Pelung berumur 5 - 6 bulan, berarti memang hanya seperti itu kualitasnya. Jadi jangan terlalu berharap jika suaranya bisa menjadi lebih panjang lagi, karena kalaupun bertambah paling maksimal hanya bertambah satu strip saja dan tidak mungkin bisa bertambah lebih panjang lagi.

Jika ketika membeli burung Puter Pelung tersebut ada garansi dari peternak soal kualitasnya, maka kita bisa menyampaikan komplain pada penjualnya jika ternyata kualitas burung Puter Pelung tersebut tidak sesuai dengan yang dikatakan pada saat perjanjian awal jual beli.


Jika kita membeli burung Puter Pelung pada peternak yang terpercaya, biasanya materi indukannya berkualitas dan rata-rata akan menghasilkan anakan yang berkualitas.

Peternak yang profesional tentunya akan menjaga kualitas dan kredibilitas peternakannya. Tidak asal jual burung yang penting laku. Dan ketika burung yang dijual ternyata tidak sesuai dengan yang dijanjikan, pasti mereka akan bertanggung jawab untuk menjaga nama baik peternakannya.

Jika kita memilih untuk merawat Puter Pelung dari piyik/anakan, maksimalkan pertumbuhannya dengan memberikan asupan pakan yang berkualitas, seperti: Miled, Beras merah, Ketan hitam, Gabah lampung dan Voer BR untuk anak ayam agar pertumbuhannya bisa maksimal.

Air minumnya juga harus rutin diganti dengan yang bersih setiap hari agar anakan/piyik burung Puter Pelung tidak terserang penyakit.

Kebersihan kandangnya juga harus diperhatikan agar burung Puter Pelung yang kita pelihara selalu sehat dan merasa nyaman.

Untuk perawatan harian burung Puter Pelung tidak jauh berbeda dengan perawatan burung anggungan lainnya seperti burung Perkutut dan burung Derkuku.


Demikian sedikit informasi tentang tips memilih anakan burung Puter Pelung yang suaranya bagus yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Puter Pelung dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Tips memilih anakan Puter Pelung yang suaranya bagus"