Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara efektif untuk membuat Cucak ijo ngentrok

gambar burung cucak ijo ngentrok
Burung Cucak ijo

Onkicau.com - Cucak ijo (CI) merupakan burung yang istimewa karena memiliki suara kicauan yang sangat merdu dan pintar menirukan suara-suara burung lain dengan cepat dan fasih. Selain itu, burung Cucak ijo juga memiliki gaya tarung yang khas yaitu ngentrok.

Burung Cucak ijo akan ngentrok jika sedang dalam kondisi emosi tinggi, bukan karena birahi. Kondisi ini bisa dipengaruhi karena faktor pemberian pakan dan perawatan harian, sehingga terkadang meskipun tidak ada lawan burung Cucak ijo juga akan ngentrok.

Ngentrok merupakan ciri khas gaya tarung burung Cucak ijo, jadi pada dasarnya semua burung Cucak ijo bisa ngentrok jika kondisi mentalnya sudah bagus.

Untuk membuat Cucak ijo ngentrok, burung ini harus diberikan perawatan dan asupan extra fooding (EF) yang tepat.

Berikan extra fooding (EF) yang memiliki kandungan protein tinggi seperti kroto dan lakukan penjemuran secara rutin setiap hari untuk mendongkrak emosi burung Cucak ijo agar terpancing untuk ngentrok njambul.

Untuk Cucak ijo lomba perlu mendapatkan perawatan khusus agar bisa ngentrok dan bongkar isian ketika dilapangan agar bisa mendapat point maksimal.


Berikut ini perawatan khusus agar Cucak ijo ngentrok dan bongkar isian ketika dilombakan:

1. Pada H-3 sebelum lomba, burung Cucak ijo dimandikan dan dijemur seperti perawatan hariannya, tapi porsi jangkrik diberikan tiga kali lipat dari settingan hariannya ditambah 3 ekor ulat hongkong.

2. Pada H-2 sebelum lomba, lakukan perawatan yang sama seperti H-3.

3. Pada H-1 sebelum lomba, burung Cucak ijo tetap mandi dan jemur seperti biasa dan settingan extra fooding (EF) juga masih sama. Tapi setelah selesai dijemur langsung dikerodong sampai pagi menjelang lomba.

4. Pada hari H lomba, burung Cucak ijo tidak usah di mandikan. Berikan kroto segar yang bersih sebanyak satu cepuk kemudian jemur sampai waktunya mau berangkat ke lapangan. Untuk buahnya sebaiknya diberikan apel merah.

5. Sesampainya dilapangan tetap dikerodong dan jauhkan dari Cucak ijo lain sampai waktunaya naik gantangan.

Metode ini cukup efektif untuk membuat Cucak ijo ngentrok dan tampil maksimal ketika dilombakan.

Tapi jika settingannya ketinggian akan membuat Cucak ijo over emosi dan ketika di atas gantangan hanya akan bergaya ngentrok tapi performa kicauannya kurang maksimal dan bahkan gagal bongkar isian.

Settingan dan perawatan di atas tidak selalu cocok untuk diterapkan pada semua individu burung Cucak ijo, karena masing-masing burung memiliki karakter yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, perlu keberanian untuk mencari settingan harian dan settingan lomba yang tepat untuk Cucak ijo agar bisa tampil ngentrok dan bongkar isian ketika dilombakan.


Demikian sedikit informasi tentang cara membuat Cucak ijo ngentrok njambul yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Cucak ijo (CI), dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara efektif untuk membuat Cucak ijo ngentrok"