Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mudah dan cepat melatih Cucak ijo ngevoer

gambar burung cucak ijo makan voer
Burung Cucak ijo (CI)

Onkicau.com - Cucak ijo (CI) adalah salah satu jenis burung kicauan yang hingga saat ini masih memiliki banyak penggemar. Popularitas burung ini tidak pernah surut dari jaman dulu sampai sekarang meskipun hobi memelihara burung ocehan sudah tidak seramai dulu.

Burung Cucak ijo memiliki banyak keistimewaan dari mulai suara kicauannya yang merdu dan bervariasi serta memiliki gaya tarung ngentrok yang khas. Maka tidak heran jika banyak Kicau Mania yang tertarik untuk memelihara burung ini.

Kebanyakan burung Cucak ijo sengaja tidak dilatih makan voer (ngevoer) karena ada anggapan jika burung Cucak ijo makan voer akan membuat suaranya menjadi kurang jernih dan warna bulunya menjadi kusam.

Karena anggapan itulah yang membuat sebagian Kicau Mania tidak membiasakan Cucak ijo-nya untuk makan voer dan hanya diberikan pakan alami berupa buah-buahan sebagai pakan utamanya dan jenis pakan hewani seperti jangkrik, ulat hongkong serta kroto sebagai extra fooding (EF).

Hal itu bertujuan untuk menjaga kualitas suaranya, staminanya dan juga agar warna bulunya tetap cerah, terutama untuk Cucak ijo lomba yang memerlukan stamina prima saat dilombakan.

Tapi kebiasaan tersebut tentunya bagi sebagian orang akan terasa merepotkan karena setiap hari harus menyediakan buah-buahan dan extra fooding (EF) untuk burung Cucak ijo peliharannya dan tidak boleh telat karena jika sampai telat memberikan pakan bisa berakibat fatal.

Sebenarnya burung Cucak ijo juga bisa dilatih makan voer seperti halnya burung Trucukan, burung Jalak, burung Kepodang dan burung-burung lainnya. Cara melatihnya juga hampir sama seperti cara melatih ngevoer burung-burung lain pada umumnya.


Berikut ini cara melatih burung Cucak ijo makan voer (ngevoer):

1. Menggunakan buah pisang

Caranya dengan menempelkan voer kering pada permukaan buah pisang agar ketika burung Cucak ijo memakan pisang, maka voernya juga akan ikut termakan.

Lama-kelamaan burung Cucak ijo akan terbiasa dengan aroma dan rasa dari voer yang setiap hari ikut termakan bersama buah pisang, sehingga pada akhirnya burung Cucak ijo mau makan voer kering tanpa campuran pisang.

Setelah satu minggu diberikan pisang yang dicampur voer, cobalah untuk tidak memberikan pisang atau buah-buahan lainnya dari pagi sampai siang agar burung Cucak ijo merasa lapar dan mau memakan voer yang ada didalam cepuk karena tidak ada makanan lain yang bisa di makan.

Jika kotorannya berbentuk padat dan warnanya sama seperti voer yang diberikan, berarti burung Cucak ijo tersebut sudah ngevoer.

Tapi untuk sementara jangan diberikan buah dan extra fooding dulu, cukup diberikan voer dan air minum saja dari pagi sampai siang selama beberapa hari agar burung Cucak ijo terbiasa makan voer. Buah dan extra fooding (EF) baru diberikan pada sore hari.

Cara lain yang lebih efektif, yaitu dengan melumatkan buah pisang menjadi bubur lalu dicampur dengan voer halus.

Adonan buah pisang dan voer tersebut kemudian diletakkan didalam cepuk. Kurangi campuran buah pisang setiap harinya dan tambahkan campuran voer sampai burung Cucak ijo mau memakan voer polos tanpa campuran pisang.

2. Menggunakan kroto

Campurkan kroto segar dengan voer halus dan diletakkan didalam cepuk agar ketika burung Cucak ijo memakan kroto maka voer-nya juga ikut termakan. Setiap hari takaran kroto dikurangi sedangkan takaran voernya ditambah.

Dengan cara ini lama-kelamaan burung Cucak ijo akan terbiasa dengan aroma dan rasa voer yang setiap hari ikut termakan bersama kroto. Lakukan cara ini setiap hari sampai burung Cucak ijo mau makan voer polos tanpa campuran kroto.


Demikian sedikit informasi tentang cara mudah dan cepat melatih burung Cucak ijo makan voer (ngevoer) yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Cucak ijo (CI), dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara mudah dan cepat melatih Cucak ijo ngevoer"