Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips jitu untuk membuat burung Branjangan bakalan rajin bunyi

(Ilustrasi Burung Branjangan)

Burung Branjangan merupakan salah satu jenis burung kicauan yang memiliki suara kicauan merdu dan bervariasi. Tapi sayangnua burung ini usah bunyi jika dipelihara didalam kanadang. Kalaupun mau bunyi biasanya hanya ngeriwik saja.

Karena sulitnya burung ini buka suara, kadang-kadang pemiliknya sampai jenuh untuk merawatnya karena sudah sekian lama dirawat dengan baik tapi burung tidak juga mau buka suara.

Merawat burung Branjangan bakalan sampai rajin bunyi dan gacor memang butuh kesabaran dan perawatan yang tepat.

Agar burung Branjangan bakalan mau bunyi, minimal ngeriwik kasar, kunci utamanya adalah membuat burung Branjangan merasa nyaman dan tidak stress.

Berikut ini tips jitu untuk membuat burung Branjangan bakalan rajin bunyi:

• Persiapan kandang

Tempatkan burung Branjangan bakalan didalam kandang khusus Branjangan dengan tinggi minimal 80 cm karena burung ini suka terbang vertikal.

Jangan ganti-ganti kandang walaupun burung sudah mulai bunyi karena hal itu akan membuat burung Branjangan stress dan memerlukan waktu lagi untuk beradaptasi dengan kandangnya.

Jadi sebaiknya siapkan kandang khusus Branjangan yang bagus agar nantinya tidak perlu ganti-ganti kandang lagi.

Letakkan cepuk pakan dan cepuk air minumnya agak jauh agar burung Branjangan lebih aktif dan mau belajar nangkring. Untuk tangkringan tengah yang dari batu dibuat setinggi lingkaran/sabuk bawah sangkar atau setinggi burung Branjangan ketika berdiri. Sediakan juga tangkringan kecil disamping tempat pakan dan air minumnya.

Pada awal-awal dipelihara, sebaiknya tutup bagian bawah sangkar setinggi lingkaran/sabuk dengan kertas atau lakban untuk mengantisipasi kalau burung ngeruji agar kepalanya tidak terluka terkena jeruji sangkar. Selain itu, tujuannya juga agar burung Branjangan mau nangkring diatas batu untuk bisa melihat keluar karena sekeliling kandangnya tertutup.

• Perawatan

Jika mau membeli burung Branjangan ombyokan sebaiknya pada waktu siang hari karena pada siang hari burung Branjangan biasanya sedang beristirahat.

Biasanya pada waktu-waktu istirahat, burung Branjangan akan terlihat tenang dan santai. Pada waktu itulah jika beruntung kita bisa mendapatkan burung Branjangan yang sedang ngeriwik didalam kandang ombyokan.

Jika terlihat ada burung Branjangan yang ngeriwik didalam kandang ombyokan, segeralah semprot dan ambil.

Pilihlah burung Branjangan yang berjenis kelamin jantan karena suara kicauannya lebih lantang dan lebih bervariasi dibanding burung Branjangan betina.

Berikut ini ciri-ciri umum burung Branjangan jantan:
- Paruh hitam.
- Jambul njegrik tinggi.
- Tampak aktif dan lincah serta nafsu makannya besar.

Coba pancing dengan ulat hongkong langsung dari tangan, jika ada burung yang berani mengambilnya maka dipastikan jika nantinya burung tersebut akan lebih cepat jinak.

Setelah mendapatkan burung Branjangan bakalan, segera masukkan ke dalam kandang yang telah disiapkan lengkap dengan pakan dan air minumnya serta bubukan batu bata merah.

Basahi bulu-bulunya terlebih dulu dengan cara dipegang lalu diusap dengan air untuk mengurangi stress selama dibawa dalam kantong kertas. Setelah itu gantang ditempat yang aman dan nyaman karena kandangnya tidak akan dipindah-pindahkan lagi baik siang maupun malam selama masa adaptasi. Selama proses adaptasi, jangan pernah memandikan atau menjemur burung Branjangan bakalan.

Turunkan kandang hanya ketika akan mengganti pakan dan air minumnya saja. Setelah burung Branjangan sudah mau nangkring anteng walaupun ada orang disekitarnya, baru bisa dilanjutkan ke tahap perawatan selanjutnya.

Biasanya sebelum mau nangkring, burung Branjangan akan mulai buka suara walaupun hamya ngeriwik halus. Jadi, ketika burung Branjangan sudah mau nangkring di tangkringan batu, maka hampir bisa dipastikan jika burung Branjangan tersebut sudah mau buka suara.

Setelah burung Branjangan mapan dan sudah sering ngeriwik, baru boleh pindah tempat gantangannya, tapi jangan dipindah terlalu jauh dari tempat gantangannya semula. Cukup digeser tempat menggantangnya ke sebelah kiri atau kanan dari tempat gantangannya semula sejauh 2 - 3 meter untuk melatihnya mengenal suasanan lingkungan baru.

Setelah burung Branjangan terlihat mulai mapan dan sering berada di atas tangkringannya untuk didis maupun ngeriwik, kita bisa mulai menjemurnya dengan terlebih dulu disemprot halus menggunakan sprayer.

Penjemuran dilakukan maksimal selama dua jam setiap hari dan sudah bisa mulai berpindah-pindah tempat gantamgan. Jika sampai tahap ini burung Branjangan tetap mau nangkring tenang di atas batu dan tetap mau ngeriwik berarti tahap awal perawatan sudah sukses dilakukan dan tinggal meneruskannya sampai burung rajin bunyi dan ngeplong.

Baca juga:




Demikian sedikit informasi tentang tips jitu untuk membuat burung Branjangan bakalan rajin bunyi. Untuk informasi lain seputar burung Branjangan, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Tips jitu untuk membuat burung Branjangan bakalan rajin bunyi"