Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memandikan Burung Perkutut Yang Benar

gambar memandikan burung perkutut
Ilustrasi
Onkicau.com - Burung Perkutut perlu dimandikan untuk membersihkan bulu-bulunya dari kotoran dan agar terbebas dari kutu serta parasit. Selain itu, dengan rutin dimandikan burung Perkutut yang terlalu giras juga akan lebih cepat jinak dan rajin manggung.

Tapi cara memandikan burung Perkutut berbeda dengan cara memandikan burung ocehan yang biasanya dilakukan setiap hari dengan cara disemprot menggunakan sprayer atau menggunakan keramba tanpa harus dipegang.

Sedangkan cara memandikan burung Perkutut yang benar yaitu dengan dipegang dan dicelupkan kedalam wadah yang berisi air.

Yang perlu di perhatikan saat memandikan burung Perkutut yaitu jangan sampai air masuk ke dalam hidungnya. Jadi untuk bagian kepala sebaiknya cukup di usap menggunakan tangan yang dibasahi saja.

Untuk Perkutut bahan yang masih liar / giras sebaiknya dimandikan 2 hari sekali agar lebih cepat jinak. Sedangkan untuk Perkutut yang sudah mapan cukup dimandikan 1 atau 2 minggu sekali saja.


Berikut ini cara memandikan burung Perkutut yang benar:

1. Siapkan wadah air sesuai ukuran tubuh burung Perkutut, bisa menggunakan baskom atau wadah lainnya.

2. Siapkan air bekas cucian beras (air leri) dan daun sirih sebanyak 5 - 7 lembar.

3. Tumbuk atau remas-remas daun sirih sampai lembut kemudian campurkan dengan air bekas cucian beras (air leri). Tujuan dari penggunaan air leri yang dicampur daun sirih adalah untuk mengkilapkan bulu-bulu burung Perkutut dan membasmi kutu.

4. Tapi jika ingin lebih praktis bisa juga menggunakan air bersih yang dicampur dengan shampo khusus burung. Shampo khusus burung sangat efektif untuk membasmi kutu yang ada pada bulu-bulu burung Perkutut dan juga untuk mengkilapkan bulu-bulunya.

5. Ambil burung Perkutut dari kandangnya dengan hati-hati agar tidak terlepas. Kemudian elus-elus kepala dan tubuhnya agar burung Perkutut tersebut tenang terlebih dulu. Pijit bagian punggung dan pangkal sayapnya dengan lembut.


6. Setelah burung Perkutut tenang, kemudian celupkan tubuhnya kedalam air yang sudah disiapkan sampai sebatas leher saja. Rentangkan sayapnya agar bulu-bulu dibagian bawah sayapnya juga ikut basah, dan untuk bagian kepalanya cukup di usap-usap dengan tangan basah.

7. Bersihkan kerak-kerak dan sisik kering yang ada pada bagian paruh dan kaki burung Perkutut.

8. Setelah selesai dimandikan kemudian masukkan kembali burung Perkutut tersebut ke dalam kandangnya lalu gantang ditempat yang teduh selama beberapa saat agar burung didis untuk mengeringkan bulu-bulunya.

9. Setelah bulu-bulunya agak kering, kemudian jemur burung Perkutut selama kurang lebih 2 - 3 jam.

Lakukan perawatan mandi dan penjemuran secara rutin dan konsisten agar burung Perkutut cepat jinak, sehat dan rajin bunyi.


Demikian sedikit informasi tentang cara memandikan burung Perkutut yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Perkutut, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara Memandikan Burung Perkutut Yang Benar"