Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat penting jangkrik untuk burung kicauan

gambar jangkrik alam
Jangkrik

Onkicau.com – Para penggemar burung kicau tentu sudah tidak asing lagi dengan jangkrik karena serangga kecil ini merupakan salah satu jenis extra fooding (EF) yang paling sering diberikan untuk burung-burung pemakan serangga, bahkan bisa dikatakan merupakan pakan wajib setelah voer.

Meskipun burung kicauan yang dipelihara didalam kandang sudah dibiasakan mengkonsumsi voer sebagai pakan utamanya, tapi untuk jenis burung pemakan serangga sebaiknya tetap diberikan jenis pakan hewani karena merupakan pakan alaminya ketika di alam bebas.

Jangkrik biasa diberikan pada burung ocehan sebagai pakan tambahan setiap hari, sedangkan untuk jenis extra fooding (EF) lain seperti ulat hongkong, ulat kandang, kroto atau yang lainnya tidak selalu diberikan setiap hari atau hanya diberikan pada waktu-waktu tertentu saja.

Baca juga: Manfaat kroto untuk Murai Batu

Jangkrik memiliki banyak sekali manfaat untuk burung kicauan karena jangkrik memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk burung, antara lain: protein, lemak, kalsium, karbohidrat dan lainnya.

Selain protein, jangkrik juga memiliki kandungan DHA9 asam amino yang memiliki peran untuk pembentukan sel, GSH atau glutation yang fungsinya sebagai antioksidan, DHA, ARA, Omega 3 dan 6 yang sangat berguna untuk membantu pertumbuhan kecerdasan otak.

Oleh sebab itulah jangkrik lebih banyak digunakan sebagai extra fooding (EF) karena memiliki banyak manfaat untuk burung kicauan dan tidak menimbulkan efek samping dikemudian hari.

Selain menjadikan burung lebih sehat dan aktif, jangkrik juga bermanfaat untuk meningkatkan birahi burung sehingga membuat burung lebih rajin berkicau.

Baca juga: Manfaat ulat daun pisang untuk Kacer

Burung yang rutin diberikan jangkrik dengan porsi yang cukup juga akan memiliki bulu-bulu yang sehat, rapi dan mengkilap.

Selain karena manfaatnya, jangkrik lebih sering digunakan sebagai extra fooding (EF)karena harganya lebih murah dan pasokannya juga stabil karena jangkrik sudah banyak dibudidayakan.

Berbeda dengan jenis extra fooding (EF) lain seperti kroto atau belalang meskipun banyak manfaatnya tapi sulit didapatkan karena pasokannya masih mengandalkan hasil berburu di alam.

Jadi, jangkrik merupakan pilihan pakan hewani yang bagus untuk semua jenis burung pemakan serangga untuk memenuhi kebutuhan protein burung sehingga performanya menjadi semakin maksimal. Selain itu, jangkrik juga aman dikonsumsi karena tidak menimbulkan efek samping negatif pada burung.

Baca juga: Pakan alami vs pakan buatan pabrik (voer) serta dampaknya pada performa burung

Demikian sedikit informasi tentang manfaat penting jangkrik untuk burung kicauan yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung kicau dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat

Terima kasih

Post a Comment for "Manfaat penting jangkrik untuk burung kicauan"