Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara merawat burung Tepus Leher Putih bakalan agar cepat ngevoer dan rajin bunyi

gambar burung tepus leher putih/cucak kopi kalung
Burung Tepus Leher Putih
Onkicau.com – Burung Tepus Leher Putih merupakan salah satu jenis burung kicauan yang saat ini mulai digemari para Kicau Mania untuk dijadikan sebagai masteran burung-burung lomba karena suara kicauannya lebih dominan suara-suara crecetan dan tembakan-tembakan panjang.

Burung Tepus Leher Putih atau Tepus Kopi Kalung merupakan burung endemik Pulau Jawa yang biasa hidup dihutan-hutan dataran rendah, perbukitan dan pegunungan. Area yang menjadi habitat burung ini biasanya berada dihutan dalam yang jauh dari pemukiman penduduk.

Di alam bebas, burung Tepus Leher Putih biasanya sering mencari makan dengan membentuk kelompok kecil. Burung ini biasa memakan serangga, ulat, belalang dan binatang-binatang kecil lainnya.

Burung Tepus Leher Putih atau Cucak Kopi Kalung termasuk burung yang mudah dipelihara dan bisa cepat bunyi karena burung ini mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dan tidak mudah stress meskipun dipelihara dari bahan/bakalan (tangkapan hutan).

Cara merawat burung Tepus Leher Putih bakalan pada dasarnya sama dengan cara merawat burung-burung pemakan serangga lainnya, yaitu meliputi pemberian pakan, extra fooding (EF), mandi, jemur dan membersihkan kandangnya. Tapi yang terpenting dari perawatan burung Tepus Leher Putih bakalan adalah melatih burung makan voer untuk memudahkan dalam perawatan hariannya.


Berikut ini tips perawatan burung Tepus Leher Putih/Cucak Kopi Kalung bakalan agar ngevoer dan cepat bunyi:

1. Perawatan tahap awal

Setelah mendapatkan burung Tepus Leher Putih bakalan, tempatkan burung didalam kandang yang ukurannya sesuai. Gantang kandangnya ditempat yang tenang dan sepi selama 2 - 3 hari untuk beradaptasi dengan lingkungan baru dan kandangnya.

Jika tempatnya tidak memungkinkan sebaiknya kandangnya dikerodong agar burung tidak stress. Berikan ulat kandang atau kroto ditaruh dicepuk dan juga air minum didalam kandangnya.

Pada hari pertama sebaiknya burung Tepus Leher Putih bakalan jangan langsung dimandikan karena bisa menyebabkan burung kaget dan ngedrop yang bisa menyebabkan burung menjadi sakit, bahkan bisa berujung pada kematian.

Burung Tepus Leher Putih/Cucak Kopi Kalung bakalan yang baru dipelihara sebaiknya jangan langsung digantang di tempat ramai dulu karena bisa menyebabkan burung ketakutan dan stress.

2. Pakan dan extra fooding (EF)

Di alam bebas burung Tepus Leher Putih biasa memakan ulat kecil, serangga kecil, laba-laba, dan binatang-biatang kecil lainnya. Jadi ketika dipelihara didalam kandang, burung ini tetap harus diberikan jenis pakan hewani seperti jangkrik, ulat hongkong, ulat kandang, atau kroto untuk memenuhi kebutuhan proteinnya.

Jika kita memelihara burung Tepus Leher Putih/Cucak Kopi Kalung bakalan sebaiknya burung dilatih untuk makan voer untuk memudahkan dalam perawatan hariannya.

Cara melatih burung Tepus Leher Putih bakalan makan voer:

- Campurkan voer halus dan kroto atau ulat kandang dengan takaran voer yang lebih banyak, atau bisa juga menggunakan ulat hongkong (UH) yang dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan voer halus.

- Kurangi takaran kroto/ulat kandang/ulat hongkong (UH) dan perbanyak campuran voer setiap harinya sampai burung Tepus Leher Putih bakalan mau makan voer polos tanpa campuran kroto/ulat kandang/ulat hongkong (UH). Biasanya dalam waktu 3 - 5 hari burung sudah ngevoer.

- Cek kotoran burung, jika bentuknya padat dan warnanya sama seperti voer yang kita berikan berarti burung Tepus Leher Putih bakalan tersebut sudah ngevoer total. Jadi kita sudah bisa memberikan voer sebagai pakan hariannya tanpa perlu kuatir burung akan mati kelaparan. Sedangkan kroto, jangkrik kecil, ulat hongkong, dan ulat kandang bisa diberikan sebagai pakan tambahan/extra fooding (EF).

Jenis pakan hewani sangat bermanfaat untuk membuat burung Tepus Leher Putih rajin bunyi, sedangkan voer bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan kalsium, vitamin, dan nutrisi untuk burung Tepus Leher Putih.

Setelah burung Tepus Leher Putih ngevoer total, berikan voer sebagai pakan utamanya dan sebagai pakan tambahan, berikan jangkrik sebanyak 3 ekor pada pagi hari dan 3 ekor pada sore hari, ulat kandang diberikan sebanyak 1 cepuk kecil diletakkan didalam kandangnya, dan kroto bisa diberikan 2 - 3 kali seminggu.


3. Pengembunan

Embunkan burung Tepus Leher Putih setiap hari mulai jam 05.00 atau jam 05.30 pagi agar burung menghirup udara segar dan menikmati suasana pagi hari yang merupakan waktu favorit burung-burung di alam liar untuk berkicau saling bersahutan.

Biasanya ketika di embunkan burung Tepus Leher Putih/Cucak Kopi Kalung bakalan akan terpancing untuk berkicau dan lama-kelamaan akan rajin bunyi.

4. Mandi

Setelah dipelihara selama 3 hari, burung Tepus Leher Putih/Tepus Kopi bahan/bakalan bisa mulai dimandikan setiap pagi dengan cara disemprot halus menggunakan sprayer sampai basah kuyup untuk mengurangi sifat liarnya.

Setelah selesai dimandikan, berikan jangkrik kecil atau ulat hongkong langsung dari tangan agar burung mengenal kita sebagai perawatnya. Dengan cara ini, nantinya burung tidak akan takut lagi ketika didekati.

5. Penjemuran

Setelah selesai dimandikan, angin-anginkan dulu sampai bulu-bulunya kering kemudian baru dijemur selama 20 - 30 menit saja setiap pagi karena burung ini tidak kuat dijemur terlalu lama. Burung Tepus Leher Putih terbiasa hidup didaerah yang sejuk/dingin karena habitat aslinya adalah hutan-hutan dalam dan pegunungan yang rimbun dan jarang terkena terik matahari.

Setelah selesai dijemur, gantang kandangnya ditempat yang banyak lalu-lalang orang dan kendaraan agar burung terbiasa dengan aktivitas Manusia disekitarnya.

Pada awalnya burung memang akan ketakutan dan glabrakan ketika ada orang yang mendekati kandangnya, bahkan kepalanya bisa sampai luka-luka karena menabrak jeruji sangkar. Tapi dalam beberapa hari kedepan burung akan menjadi lebih tenang dan nantinya burung akan menjadi lebih jinak dan berani berkicau meskipun ada Orang disekitarnya.

6. Kebersihan kandang

Kebersihan kandang harus diperhatikan agar burung Tepus Leher Putih merasa nyaman dan terhindar dari berbagai serangan penyakit. Bersihkan kandangnya setiap hari, termasuk tempat pakan dan tempat air minumnya agar selalu bersih dan terbebas dari kuman serta bakteri penyebab penyakit.

Lakukan semua tahapan perawatan di atas secara rutin dan konsisten agar burung Tepus Leher Putih selalu sehat dan cepat mapan. Setelah mapan dengan lingkungan dan kandangnya, burung Tepus Leher Putih pasti akan rajin bunyi dan gacor.


Demikian sedikit informasi tentang cara merawat burung Tepus Leher Putih/Cucak Kopi Kalung bakalan agar cepat ngevoer dan rajin bunyi yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung ocehan, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara merawat burung Tepus Leher Putih bakalan agar cepat ngevoer dan rajin bunyi"