Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri perbedaan burung Kerak Basi alis hitam jantan dan betina paling akurat

gambar burung kerak basi alis hitam jantan dan betina
Burung Kerak Basi Jantan & Betina
Onkicau.com – Burung Kerak Basi alis hitam atau Sincan merupakan salah satu jenis burung ocehan yang cukup digemari oleh para Kicau Mania karena burung bertubuh mungil ini memiliki suara kicauan yang cukup merdu dan bervariasi.

Tapi hanya burung Kerak Basi jantan saja yang memiliki suara kicauan merdu dan bervariasi, sedangkan suara kicauan burung Kerak Basi betina cenderung monoton dan lebih sering bersuara cetrekan atau panggilan saja.

Oleh karena itu pilihlah burung Kerak Basi (Sincan) jantan jika tujuan memelihara burung ini adalah untuk dinikmati suara kicauannya atau untuk dijadikan sebagai burung masteran.

Untuk membedakan jenis kelamin burung Kerak Basi memang agak sulit karena antara burung jantan dan betina memiliki penampilan fisik dan warna bulu yang sangat mirip.

Tapi jika diperhatikan dengan lebih seksama, sebetulnya ada beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Kerak Basi jantan dan betina, baik dari bentuk fisik, suara kicauan maupun tingkah lakunya.


Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Kerak Basi jantan dan betina:
gambar burung kerak basi alis hitam jantan
Burung Kerak Basi Jantan
1. Kepala

Kepala burung Kerak Basi jantan lebih besar dan papak dengan leher yang juga besar sehingga antara bagian kepala belakang, tengkuk dan punggung terlihat sejajar dan tampak kekar. Sedangkan kepala burung Kerak Basi betina lebih kecil dan membulat dengan leher yang kecil.

2. Postur tubuh

Postur tubuh burung Kerak Basi jantan lebih besar dan ketika berdiri lebih tegap sehingga terlihat gagah. Sedangkan postur tubuh burung Kerak Basi betina lebih kecil dan ketika berdiri lebih merunduk.

Bagian dada burung jantan terlihat lebih lebar sehingga bentuk tubuhnya terlihat agak bulat ketika burung ini sedang mengembangkan bulu-bulunya. Sedangkan bagian dada burung betina tampak kecil sehingga bentuk tubuhnya terlihat lurus dan memanjang.

3. Alis

Alis burung Kerak Basi jantan berwarna hitam pekat, sedangkan alis burung Kerak Basi betina warnanya hitam pudar.

4. Sayap

Bulu sayap burung Kerak Basi jantan warnanya lebih pekat dibanding yang betina.

5. Ekor

Bulu ekor burung Kerak Basi jantan lebih panjang dibanding yang betina.

6. Kaki

Kaki burung Kerak Basi jantan lebih panjang dan lebih besar, sedangkan kaki burung Kerak Basi betina lebih pendek dan lebih kecil.

7. Paruh

Paruh burung Kerak Basi jantan lebih kecil dan pendek dari yang betina. Paruh bagian bawah lebih pendek dan lebih tipis dari paruh bagian atas dengan posisi matanya lebih dekat dengan paruh.

Sedangkan paruh burung Kerak Basi betina lebih tebal dan lebih panjang dari yang jantan. Paruh bagian atas dan bawah panjang dan tebalnya hampir sama. Letak mata agak jauh dari paruh.

8. Lidah

Lidah burung Kerak Basi jantan berwarna oranye terang, sedangkan lidah burung Kerak Basi betina berwarna oranye pucat agak keputihan.

9. Warna bulu

Warna bulu dada burung Kerak Basi jantan lebih putih jika sudah dewasa, sedangkan bulu dada burung Kerak Basi betina warnanya putih kecoklatan atau semu kekuningan.

10. Vent

Bulu-bulu dibagian vent pada burung Kerak Basi jantan lebih tebal/lebat dibanding burung betina.

11. Suara kicauan

Burung Kerak Basi jantan memiliki suara kicauan yang lebih bervariasi dan lantang, sedangkan suara burung Kerak Basi betina cenderung monoton dan lebih sering bersuara panggilan atau cetrekan saja.

Suara cetrekan burung Kerak Basi jantan lebih keras dan panjang atau dobel dengan nada “cetrek” sedangkan suara cetrekan burung Kerak Basi betina lebih pendek dengan nada “tek”.
gambar burung kerak basi alis hitam betina
Burung Kerak Basi Betina
Baca juga: Perawatan yang tepat untuk burung Kerak Basi mabung agar cepat tuntas

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan burung Kerak Basi alis hitam jantan dan betina paling akurat yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung kicauan, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri perbedaan burung Kerak Basi alis hitam jantan dan betina paling akurat"