Merawat Kenari bahan agar cepat bunyi

Kenari adalah burung mungil yang memiliki suara nyaring dan ngeroll yang khas, warna bulunya yang beragam juga semakin membuat banyak orang tertarik untuk memelihara burung ini.

Meskipun pamor Kenari saat ini mulai meredup, tapi masih banyak Kenari Mania yang tetap setia merawat burung pemakan biji-bijian ini untuk sekedar peliharaan dirumah atau untuk dilombakan.

Banyak penggemar Kenari yang lebih memilih memelihara Kenari bahan dengan alasan karena harganya lebih murah atau agar bisa dibentuk sesuai keinginan.

Memelihara Kenari muda dengan usia 1-2 bulan memang membutuhkan kesabaran, karena untuk bisa menikmati suara ngerollnya harus menunggu sampai Kenari berusia 6 bulan ke atas, itupun kalau Kenari mendapat perawatan yang baik.

Merawat Kenari bahan agar cepat bunyi dimulai dari pemilihan bahan yang berkualitas dan harus yang berjenis kelamin jantan agar bisa gacor dan ngeroll nantinya.

Pantau dengan seksama saat memilih Kenari bahan di kandang ombyokan, pilihlah yang paling rajin ngeriwik. Kalau sudah terpantau yang paling rajin ngeriwik segera diambil, tapi agar lebih yakin lagi cek jenis kelaminnya, pastikan Kenari yang kita ambil tersebut berjenis kelamin jantan. Caranya dengan melihat bagian pen duburnya, pada Kenari jantan terlihat lebih menonjol sedangkan Kenari betina lebih datar.

Setelah mendapatkan Kenari bahan yang prospek, segera tempatkan dikandang yang sesuai untuk Kenari, berikan pakan bijian mix yang bermerk bagus, harga lebih mahal sedikit tidak masalah yang penting Kenari bisa tercukupi nutrisinya dan bisa cepat bunyi.

Perawatan harian untuk Kenari muda agar cepat bunyi:

• Setiap pagi Kenari diembunkan agar menghirup udara segar.

• Setelah jam 07.00 pagi burung dimandikan dengan disemprot halus agar burung tidak stres. Setelah selesai Kenari di angin-anginkan sampai bulu-bulunya kering.

• Setelah semua bulunya kering selanjutnya Kenari dijemur secukupnya saja karena bulu-bulunya belum tumbuh sempurna, tingkatkan durasi penjemuran secara bertahap sampai Kenari kuat dijemur lama. Penjemuran sangat penting untuk Kenari muda untuk mempercepat Kenari agar cepat ngeplong.

• Bersihkan kandangnya setiap hari agar Kenari terhindar dari penyakit.

• Sediakan pakan berupa campuran biji-bijian seperti canary seed, niger seed, milet, dan lainnya dicepuk pakan. Pilih pakan kemasan dengan merk yang terpercaya agar kualitasnya terjamin, ganti air minumnya setiap hari, berikan juga ekstra fooding (EF) berupa telur puyuh atau telur ayam rebus diambil kuning telurnya saja dan berikan juga sayuran segar setiap hari.

• Kenari muda masih belajar untuk menyusun lagu (ngeriwik) dengan merekam suara-suara yang sering didengarnya lalu megolah suara-suara tersebut untuk dijadikan satu rangkaian lagu. Karena itu, penting untuk melakukan pemasteran pada Kenari sejak dini dengan suara Kenari yang ngeroll panjang agar nantinya Kenari muda yang dimaster tersebut bisa menirukan suara ngeroll masterannya.

Demikian sedikit informasi tentang cara merawat Kenari bahan agar cepat bunyi. Untuk informasi lain seputar Kenari, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kenari