Advertisement

Ciri-ciri khusus Cendet/Pentet asli Madura

Cendet/Pentet asal Madura dikenal sebagai Cendet yang memiliki kualitas paling bagus dibanding Cendet dari daerah lain. Karena itulah, para pemain Cendet lapangan banyak yang berburu Cendet Madura untuk dijadikan sebagai gacoannya.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena kualitas Cendet/Pentet Madura memang sudah terbukti nyata dengan banyaknya Cendet Madura yang pernah merajai arena lomba burung kicau, baik event lokal maupun Nasional.

Rata-rata Cendet/Pentet Madura memang memiliki kualitas di atas rata-rata Cendet dari daerah lain. Cendet dari wilayah Madura justru lebih banyak yang prospek daripada yang tidak prospek, hal ini berbanding terbalik dengan Cendet dari daerah lain yang lebih banyak yang tidak prospek daripada yang prospek.

Tapi untuk membedakan Cendet/Pentet Madura yang asli dengan Cendet dari daerah lain memang tidak mudah, karena secara fisik tidak ada ciri-ciri khusus yang membedakan Cendet Madura dengan Cendet dari daerah lain.

Selama ini, yang sering disebut sebagai Cendet/Pentet Madura adalah Cendet blangkon/sembur (kepala hitam), padahal Cendet dari daerah lain seperti: daerah Gunung Bromo, Jember, Bondowoso, Banyuwangi, Situbondo, Lumajang, Tuban, Pati, Gunung Kidul (Jogja), dan beberapa daerah lainnya juga ada yang memiliki kepala blangkon/sembur (kepala hitam).

Dan berikut ini adalah ciri-ciri khusus dari Cendet/Pentet Madura yang bisa dijadikan sebagai panduan agar kita tidak salah pilih ketika kita berniat membeli Cendet Madura.

Ciri-ciri fisik Cendet/Pentet Madura:

Jika dilihat sekilas tanpa pembanding, penampilan fisik Cendet/Pentet Madura memang tidak jauh berbeda dengan Cendet dari Jatim. Keduanya memiliki ciri fisik yang hampir serupa dan sulit untuk dibedakan. Tapi pada umunya, Cendet Madura memiliki ciri-ciri fisik sebagai berikut:

• Rata-rata Cendet/Pentet Madura memiliki postur tubuh lebih kecil, ramping, dan panjang dibanding dengan Cendet Jatim atau Cendet dari daerah lain.

• Cendet/Pentet Madura memiliki ekor yang lebih panjang dibanding dengan Cendet dari daerah lain.

• Penampilannya terkesan lebih garang karena rata-rata Cendet/Pentet Madura memiliki kepala berwarna full hitam, dan bahkan warna hitamnya ada yang sampai bagian tengkuk (gondrong).

• Bulu dada dominan berwarna putih bersih dan halus, bahkan pada jenis Cendet dada putih, warna putih pada dadanya tampak putih bersih seperti kapas.

• Warna bulunya sangat kontras.

• Pada bagian tengkuknya berwarna abu-abu terang.

• Cendet/Pentet Madura biasanya memiliki mata yang besar dan melotot dengan sorot mata tajam sehingga terlihat lebih sangar.

Kelebihan Cendet/Pentet Madura:

• Cendet/Pentet Madura memiliki kecerdasan yang lebih baik dari Cendet dari daerah lain sehingga mampu merekam materi isian lebih banyak. Dan konon, Cendet dari Sumenep adalah yang terbaik dibanding Cendet dari wilayah Madura lainnya.

• Cendet/Pentet Madura memiliki suara lebih kristal dan kasar dengan volume tembus, sehingga terasa memekakan telinga ketika berkicau.

• Cendet/Pentet Madura juga terkenal memiliki mental tempur yang sangat tangguh dibanding dengan Cendet dari daerah lain.

• Cendet/Pentet Madura juga juga sangat bandel dan tidak mudah stres.

Baca juga:

Ciri-ciri fisik Cucak Ijo (CI) asli Banyuwangi

Ciri-ciri perbedaan Jalak Suren Jawa, Jalak Suren Kalimantan dan Jalak Suren Malaysia

Manfaat terapi sauna untuk mendongkrak mental fighter Cendet/Pentet

Cara membentuk mental fighter Cendet/Pentet trotolan

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri khusus Cendet/Pentet asli Madura. Untuk informasi lain seputar Cendet, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Cendet/Pentet dada putih Madura

Ikuti Kami Via Email