Perawatan sederhana untuk Cucak kombo/Kecial kombo agar cepat bunyi

Cucak kombo/Kecial kombo merupakan salah satu jenis burung penghisap madu. Jika sudah gacor, burung ini dapat berkicau dengan suara tembakan-tembakan rapat dan ropelan khasnya yang sangat cocok digunakan sebagai burung masteran.

Tapi untuk mendapatkan Cucak kombo yang sudah jadi (gacor), kita harus mengeluarkan uang lebih banyak karena harga Cucak kombo yang sudah jadi (gacor) memang cukup mahal.

Alternatifntya, kita bisa membeli Cucak kombo bahan/bakalan karena harganya lebih terjangkau. Tapi untuk merawat Cucak kombo dari bakalan sampai menjadi gacor diperlukan waktu yang cukup lama, dan sebelum kita membelinya pastikan dulu kalau Cucak kombo tersebut berjenis kelamin jantan agar nantinya bisa rajin bunyi dengan kicauan bervariasi.

Berikut ini perawatan harian untuk Cucak kombo bahan/bakalan agar rajin bunyi:

Penempatan

Setelah kita sudah mendapatkan bahan Cucak kombo/Kecial kombo, pertama letakkan kandangnya di tempat yang tenang dengan dikerodong selama beberapa hari agar burung beradaptasi dengan kandang dan lingkungan barunya terlebih dulu.

Berikan pakan berupa kroto, dan sediakan juga air gula serta air putih biasa dalam cepuk terpisah.

• Pengembunan

Setelah masa adaptasi selama beberapa hari, Cucak kombo bisa mulai kita embunkan pada pagi hari sekitar jam 05.00.

• Mandi

Setelah jam 07.00 pagi burung bisa dimandikan dengan disemprot halus menggunakan sprayer. Sebelum dimandikan, semua cepuk didalam kandangnya dikeluarkan dulu agar tidak terkena semprotan air.

Setelah selesai, masukkan kembali cepuk air putih dan cepuk air gula. Jangan lupa, kandangnya juga harus rutin dibersihkan setiap hari agar Cucak kombo merasa nyaman dan terhindar dari segala penyakit.

• Jemur

Setelah selesai dimandikan, kemudian jemur Cucak kombo selam 1-2 jam. Lakukan penjemuran secara rutin setiap hari agar Cucak kombo selalu sehat dan aktif.

• Pakan dan Ekstra fooding (EF)

Setelah selesai dijemur, gantang Cucak kombo ditempat yang tenang dan teduh. Ganti air gula dan air minumnya dengan yang baru. Air gula juga bisa diganti dengan madu, susu kental manis, atau nektar buatan yang banyak dijual di kios-kios pakan burung.

Berikan juga gula pasir halus dalam cepuk terpisah, dan terakhir berikan kroto juga dalam cepuk terpisah. Jadi, didalam kandang Cucak kombo kita sediakan 4 cepuk dengan isi yang berbeda, yaitu cepuk berisi air putih, cepuk berisi nektar/air gula/susu, cepuk berisi gula pasir, dan cepuk berisi Ekstra fooding (EF).

• Pemasteran

Untuk kesehariannya, tempel Cucak kombo dengan burung-burung lain yang gacor seperti Ciblek, Kolibri, Gelatik, Lovebird, Kenari, dan lainnya sesuai keinginan kita dengan jarak penempatan yang tidak terlalu dekat.

Burung-burung lain yang gacor tersebut, selain berfungsi sebagai masteran juga berfungsi untuk memancing Cucak kombo bakalan agar ikut berkicau menyahuti.

Lakukan perawatan sederhana tersebut secara konsisten agar Cucak Kombo cepat bunyi dengan suara tembakan dan ropelan khasnya.

Baca juga:

Sistem koloni untuk membuat Pleci lebih gacor

Cara membuat nektar bernutrisi untuk Kolibri

Settingan harian Kolibri Ninja (Konin) agar gacor dan ngobra

Demikian sedikit informasi tentang perawatan sederhana untuk Cucak kombo/Kecial kombo agar cepat bunyi. Untuk informasi lain seputar Cucak kombo, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Cucak kombo/Kecial kombo