Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri perbedaan burung Kemade jantan dan betina muda

On Kicau – Burung Kemade banyak kita jumpai berkeliaran dikebun-kebun dan pekarangan sekitar rumah dengan suara crecetannya yang tajam. Burung Kemade memiliki nama yang berbeda di setiap daerah, ada yang menyebutnya burung Baret Merah, Citbang, Cici Geni, Cabe-cabean dan lainnya.

Burung ini memang tidak sepopuler burung-burung kecil lain seperti burung Pleci, Kolibri, Prenjak dan lainnya karena suara kicauannya cenderung monoton dan tidak bisa menirukan suara kicauan burung jenis lainya sehingga kurang begitu diminati.

Burung Kemade/Cici Geni lebih banyak dipelihara untuk dijadikan sebagai burung masteran karena karakter suaranya yang unik memang cocok dijadikan masteran untuk menambah variasi suara kicauan burung-burung jenis lain. Tapi agar bisa dijadikan masteran tentunya burung harus gacor dan harus yang berjenis kelamin jantan karena hanya burung Kemade jantan yang memiliki suara crecetan panjang dan tajam.

Baca juga: Perawatan yang tepat untuk burung Kemade agar rajin bunyi

Untuk membedakan jenis kelamin burung Kemade dewasa sebetulnya sangat mudah karena antara burung jantan dan betina yang sudah dewasa memiliki perbedaan warna bulu yang cukup mencolok. Tapi untuk membedakan jenis kelamin burung Kemade yang masih muda/anakan memang agak sulit karena penampilan fisik burung Kemade jantan dan betina yang masih muda atau anakan terlihat sangat mirip.

Berikut ini ciri-ciri burung Kemade jantan dan betina:

Ciri-ciri burung Kemade jantan dewasa:

gambar burung kemade jantan dewasa
Burung Kemade Jantan Dewasa

- Terdapat warna merah terang pada bagian kepala, leher sampai bagian punggungnya. Tapi biasanya jika sudah lama dipelihara didalam kandang  maka warnanya akan berubah menjadi oranye.

- Paruhnya berwarna hitam mengkilap.

- Postur tubuhnya lebih besar dan terlihat gagah.

- Rajin berkicau dengan suara crecetan tajam dan suara khas wucit-wucit.

Ciri-ciri burung Kemade betina dewasa:

gambar burung kemade betina dewasa
Burung Kemade Betina Dewasa

- Bulu-bulu dibagian kepala sampai punggung tidak berwarnya merah atau oranye, tapi berwarna abu-abu kusam dan hanya terdapat bulu berwarna merah di atas ekor.

- Jarang berkicau meskipun sudah dewasa dan sudah mapan.

- Paruhnya berwarna hitam yang menandakan burung sudah dewasa.

Ciri-ciri burung Kemade jantan muda/anakan:

-  Terdapat warna oranye di sekitar pangkal paruhnya.

- Warna hijau pada bulunya terlihat lebih jelas.

- Terdapat bulu trotol berwarna merah atau oranye dibagian kepala sampai punggung.

- Sorot matanya tajam dan lebih aktif bergerak.

Ciri-ciri burung Kemade betina muda/anakan:

- Bulu-bulu berwarna hijau ditubuhnya terlihat kusam dan hampir seperti warna abu-abu.

- Sorot matanya terlihat sayu dan kurang aktif bergerak.

- Tidak muncul bulu trotol merah dikepala sampai punggungnya setelah dipelihara selama sebulan lebih. Pada anakan burung Kemade betina tidak akan muncul bulu trotol merah karena ketika sudah dewasa warna bulunya akan menjadi abu-abu.

Jadi sebaiknya jika ingin membeli burung Kemade trotolan lebih baik pilih yang sudah ada bulu trotol merah disekitar kepala atau punggungnya karena sudah bisa dipastikan jika burung tersebut berjenis kelamin jantan. Tapi jika tidak ada yang sudah muncul trotol merahnya, pilihlah yang masih ada warna oranye dibagian paruhnya dan yang bulunya berwarna hijau tegas (tidak kusam) karena kemungkinan besar burung dengan ciri-ciri tersebut berjenis kelamin jantan.

gambar burung kemade trotolan jantan
Burung Kemade Trotolan Jantan

Baca juga:

Ciri-ciri perbedaan burung Mantenan jantan dan betina

Tips perawatan burung SRDC agar rajin bunyi

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan burung Kemade jantan dan betina anakan yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung ocehan, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat

Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri perbedaan burung Kemade jantan dan betina muda"