Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri perbedaan burung Robin jantan dan betina yang akurat

ciri-ciri perbedaan burung robin jantan dan betina
Burung Robin jantan dan betina

On Kicau – Burung Robin merupakan burung import yang berasal dari China yang pernah sangat populer pada tahun 1990an seperti halnya burung Poksay Hongkong dan burung Wambi. Burung Robin sangat digemari karena selain memiliki suara kicauan yang merdu burung ini juga memiliki penampilan fisik yang menarik.

Baca juga: Ciri-ciri perbedaan burung Wambi jantan dan betina paling akurat

Suara kicauan burung Robin hampir mirip dengan suara ropelan burung Trucukan tapi cenderung lebih nyaring dan lebih keras. Pada tahun 90an, burung Robin tergolong burung kelas menengah ke atas dan banyak dipelihara oleh para Kicau Mania di Indonesia karena pada saat itu burung-burung lokal berukuran kecil seperti Prenjak, Ciblek, Pleci, Kolibri dan lainnya masih kalah populer dengan burung-burung import dan masih di anggap sebagai burung kelas bawah sehingga kurang begitu diminati.

Popularitas burung import mulai redup ketika merebaknya virus flu burung sehingga pemerintah Indonesia menghentikan import unggas dari China. Sejak saat itulah kegemaran memelihara burung kicauan beralih pada burung-burung lokal hingga saat ini.

Sekarang ini cukup sulit untuk mendapatkan burung Robin dipasaran, dan kalaupun ada harganya juga termasuk cukup mahal, berkisar antara 1 - 1,5 jutaan. Burung ini kurang bisa beradaptasi dengan lingkungan baru karena sangat peka terhadap perubahan cuaca dan suhu disekitarnya, apalagi iklim di Indonesia dengan iklim di Negara China tempat habitat asal burung Robin sangat berbeda. Jika burung Robin ditempatkan dilingkungan yang terlalu panas maka burung ini tidak akan bisa bertahan lama.

Burung Robin menyukai lingkungan yang teduh dan sejuk, oleh karena itu ketika memelihara burung ini sebaiknya didalam kandangnya selalu disediakan cepuk besar berisi air agar burung Robin bisa mandi kapan saja ketika merasa kepanasan. Pastikan cepuk mandi selalu terisi air bersih karena hal itu sangat penting untuk menjaga suhu tubuh burung Robin agar tetap stabil.

Baca juga: Cara merawat burung Robin agar rajin bunyi dan cepat gacor

Banyak penggemar burung Robin yang tidak memperhatikan hal ini dan menempatkan burung Robin dilokasi yang panas seperti dibawah atap kanopi. Akibatnya banyak kejadian burung Robin yang mati tanpa sebab, padahal sebelumnya burung masih sehat dan masih rajin berkicau.

Di alam bebas burung Robin biasa hidup berkoloni dan menjelang musim kawin yang biasanya berlangsung pada bulan April - September, burung Robin akan berpasang-pasangan dan membentuk kelompok-kelompok kecil untuk membentuk wilayah teritorinya sendiri-sendiri. Saat musim kawin burung Robin jantan menjadi lebih rajin berkicau untuk menarik perhatian burung Robin betina.

Suara kicauan burung Robin jantan terdengar lebih merdu, lebih bervariasi, lebih lantang dan ngeroll. Oleh karena itulah burung Robin jantan lebih diminati untuk dipelihara sebagai burung ocehan.

Burung Robin termasuk jenis burung monomorfik, yaitu antara burung jantan dan betina memiliki bentuk fisik dan warna bulu yang hampir sama. Tapi jika diperhatikan lebih seksama, ada beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Robin jantan dan burung Robin betina.

Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara burung Robin jantan dan betina:

1. Paruh burung Robin jantan berwarna oranye kemerahan, sedangkan paruh burung Robin betina berwarna oranye kekuningan.

2. Warna bulu burung Robin jantan terlihat lebih tegas/kontras, sedangkan warna bulu burung Robin betina terlihat agak kusam, terutama warna bulu dibagian dada.

3. Suara kicauan burung Robin jantan lebih bervariasi, lantang dan ngeroll. Sedangkan burung Robin betina lebih sering mengeluarkan suara panggilan.

Ketiga ciri-ciri tersebut adalah yang membedakan antara burung Robin jantan dan betina. Jadi sebaiknya kenali dulu ciri-ciri jenis kelaminnya sebelum membeli dan memelihara burung Robin agar tidak salah pilih.

Baca juga: Ciri-ciri burung Trucukan jantan dan betina yang akurat

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri perbedaan burung Robin jantan dan betina yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung kicauan, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat

Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri perbedaan burung Robin jantan dan betina yang akurat"