Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara merawat Kenari Black Red agar warna bulunya tetap indah

gambar burung kenari black red
Burung Kenari Black Red

On Kicau – Kenari Black Red adalah salah satu dari sekian banyak jenis burung Kenari yang cukup digemari oleh para Kicau Mania. Keistimewaan burung Kenari ini terletak pada warna bulunya yang unik dengan perpaduan warna hitam dan merah sehingga dinamakan Black Red.

Seperti karakter burung Kenari lainnya, burung Kenari Black Red juga rajin berkicau dengan suara ngerollnya yang khas. Oleh karena itu, perawatan burung ini juga tidak jauh berbeda dengan perawatan burung Kenari jenis lainnya yang meliputi pemberian pakan, air minum, mandi, jemur dan menjaga kebersihan kandangnya.

Baca juga: Perbedaan Kenari Loper dengan Kenari AF dan Kenari jenis lainnya

Yang agak berbeda dari perawatan Kenari Black Red dengan Kenari pada umumnya adalah pemberian pakan tambahan yang mengandung betakaroten tinggi untuk menjaga warna bulunya agar tetap merah. Jenis pakan yang bagus untuk Kenari Black Red dan mengandung betakaroten di antaranya adalah selada, wortel, labu kuning atau sayur-sayuran lainnya.

Ketika usianya masih muda, bulu-bulu Kenari Black Red masih berwarna agak hitam dan belum keluar warna merahnya. Warna merah pada bulunya akan muncul setelah burung berganti bulu dewasa dan semakin bertambah usianya maka warna merahnya akan semakin pekat/merah tua dengan corak lorek hitam dibagian ekor dan sayapnya. Tapi terkadang ada juga yang warna hitam pada bulu ekornya tidak terlalu jelas atau bahkan tidak ada.

Untuk menjaga warna merah pada bulunya agar tetap jelas dan semakin kontras maka burung Kenari Black Red perlu diberikan pakan tambahan berupa sayur-sayuran yang banyak kandungan betakarotennya seperti selada, wortel, dan labu kuning.

Sangat tidak disarankan untuk menggunakan colour food yang mengandung Canthaxanthin. Canthaxanthin merupakan unsur terkuat untuk memunculkan warna yang sering digunakan oleh para peternak sebagai pewarna kimia untuk makanan burung. Tapi warna bulu pada burung yang diberi makanan yang mengandung canthaxanthin hanya terlihat merah kusam seperti warna batu bata. Selain itu, Canthaxanthin juga berbahaya untuk kesehatan burung.

Selain pemberian sayur-sayuran yang memiliki kandungan betakaroten, selebihnya untuk perawatan lainnya sama saja dengan perawatan burung Kenari pada umumnya, yaitu pemberian pakan berupa biji-bijian yang berkualitas, dimandikan setiap pagi dan dijemur secara rutin setiap hari.

Selain itu, kebersihan kandang juga harus diperhatikan agar burung merasa nyaman dan terhindar dari serangan penyakit. Pada malam hari sebaiknya kandangnya dikrodong agar burung tidak kedinginan dan tidak digigit nyamuk karena burung Kenari sangat sensitif terhadap gigitan nyamuk, terutrama pada bagian kakinya.

Untuk burung Kenari Black Red yang masih muda sebaiknya lakukan pemasteran setiap hari dengan suara-suara burung yang di inginkan agar setelah dewasa burung memiliki suara kicauan yang lebih bagus dan bervariasi, karena pada usia tersebut burung Kenari akan mempelajari dan merekam suara-suara masteran yang sering didengarnya untuk dijadikan sebagai materi lagunya setelah dewasa.

Baca juga:

Tips mencetak Kenari isian

Cara mengobati kaki Kenari yang bengkak dan jamuran

Demikian sedikit informasi tentang cara merawat Kenari Black Red agar warna bulunya tetap indah yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kenari, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat

Terima kasih 

Post a Comment for "Cara merawat Kenari Black Red agar warna bulunya tetap indah"