Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara merawat burung Kepodang bakalan agar cepat bunyi

gambar burung kepodang emas
Burung Kepodang Emas

On Kicau – Burung Kepodang merupakan salah satu burung kicauan yang cukup banyak peminatnya karena selain memiliki suara kicauan yang merdu, burung ini juga memiliki penampilan yang cantik dengan bulu-bulu yang didominasi warna kuning cerah dan sedikit warna hitam dibagian kepala, sayap dan ekornya. Jadi selain dipelihara sebagai burung ocehan, burung Kepodang juga bisa dijadikan sebagai burung hias.

Suara burung Kepodang sangat khas dan merdu meskipun cenderung monoton dengan lagu yang di ulang-ulang. Tapi kalau dipelihara dari anakan, burung Kepodang juga bisa dimaster dengan suara-suara burung lain untuk menambah variasi kicauannya. Suara burung Kepodang adalah suara khas hutan yang merdu dan menggema. Mendengarkan suara burung Kepodang serasa seperti berada di suasana hutan yang asri.


Burung Kepodang termasuk burung yang mudah dipelihara dan cepat bunyi kalau dirawat dengan baik. Perawatan burung ini tidak jauh berbeda dengan perawatan burung ocehan lainnya seperti burung Trucukan, burung Cucak ijo, burung Jalak, dan burung-burung pemakan buah lainnya.

Berikut ini cara merawat burung Kepodang bakalan agar cepat bunyi:

1. Embunkan burung Kepodang bakalan setiap hari mulai jam 05.00 atau 05.30 pagi agar burung menghirup udara segar dan menikmati suasana pagi hari yang merupakan waktu favorit bagi burung-burung di alam bebas untuk berkicau saling bersahutan.

Gantang kandangnya ditempat yang tinggi, bisa dipohon atau dikerek seperti burung Perkutut. Karena di alam bebas, ketika matahari pagi mulai terbit maka burung Kepodang akan mencari tempat yang paling tinggi untuk berkicau sehingga suaranya bisa terdengar menggema keseluruh penjuru hutan.

Dengan mengembunkan burung Kepodang dan menggantangnya ditempat yang tinggi, akan mengembalikan ingatan burung Kepodang pada suasana hutan tempat asalnya sehingga burung akan terpancing untuk berkicau dengan lantang.

2. Pada jam 07.00 atau jam 08,00 pagi, mandikan burung Kepodang bakalan dengan cara disemprot menggunakan sprayer sampai basah kuyup atau bisa juga disediakan cepuk besar didalam kandangnya agar burung bisa mandi sendiri. Jangan lupa untuk membersihkan kandangnya dan ganti juga pakan (buah) dan air minumnya dengan yang baru.

3. Setelah selesai dimandikan, angin-anginkan dulu ditempat yang teduh dan berikan extra fooding berupa jangkrik dan ulat hongkong langsung dari tangan agar burung cepat jinak, tapi kalau burung Kepodang bakalan tersebut masih takut untuk mengambil jangkrik dan ulat hongkong dari tangan, letakkan saja jangkrik dan ulat hongkong secukupnya didalam cepuk. Setelah itu, biarkan burung didis sampai bulu-bulunya agak kering kemudian dijemur selama 1-2 jam rutin setiap hari.

4. Setelah selesai dijemur, gantang kandangnya ditempat yang teduh. Agar burung Kepodang bakalan cepat jinak, sebaiknya gantang kandangnya ditempat yang agak rendah dan ramai. Pada awalnya burung memang akan glabrakan ketakutan ketika ada Orang yang mendekati kandangnya, atau lewat didekatnya tapi dalam beberapa hari kedepan burung akan lebih tenang dan lama-kelamaan tidak takut lagi dengan keberadaan Manusia disekitarnya. Cara ini sangat efektif untuk menjinakkan burung Kepodang bakalan agar nantinya burung berani berkicau meskipung ada Orang disekitarnya.

Tapi kalau ingin burung Kepodang bakalan cepat buka suara, sebaiknya gantang kandangnya ditempat yang tenang dan sepi. Tapi efeknya burung tidak akan bisa jinak dan meskipun bisa cepat bunyi tapi ketika ada Orang disekitarnya, maka burung akan langsung diam dan bahkan akan glabrakan ketakutan saat didekati.


Pakan dan extra fooding (EF) yang cocok untuk burung Kepodang bakalan agar cepat bunyi:

1. Voer

Sediakan voer setiap hari sebagai pakan utama untuk burung Kepodang. Tapi kalau burung belum ngevoer, sebaiknya dilatih ngevoer dulu agar perawatannya lebih mudah. Caranya dengan menempelkan voer kasar pada permukaan buah pisang setiap hari agar lama-kelamaan burung Kepodang mau makan voer, atau bisa juga dengan melumatkan buah pisang dan dicampur dengan voer dengan takaran voer setiap hari diperbanyak sampai burung Kepodang mau memakan voer polos tanpa campuran pisang.

Setelah satu minggu dilatih untuk makan voer, coba sediakan voer kering dalam cepuk dan air minum saja. Untuk sementara tidak usah diberikan buah, cukup pada pagi harinya diberikan jangkrik sebanyak 5 ekor. Saat burung merasa lapar pasti akan memakan voer kering yang kita sediakan karena tidak ada makanan lain yang bisa dimakan.

Perhatikan kotorannya, kalau bentuknya padat dan berwarna seperti voer yang kita berikan berarti burung Kepodang bakalan tersebut sudah ngevoer. Tapi untuk beberapa hari sebaiknya jangan diberikan buah dulu agar burung terbiasa mengkonsumsi voer.

2. Buah

Berikan juga buah-buahan segar setiap hari karena pakan utama burung Kepodang di alam bebas adalah buah-buahan seperti pisang, pepaya, sawo, karsen, dan buah-buahan manis lainnya. Berikan buah-buahan tersebut secara bergantian agar burung Kepodang tidak bosan.

3. Jangkrik

Berikan jangkrik setiap hari dengan porsi 5-7 ekor pada pagi dan sore hari.

4. Ulat hongkong (UH)

Ulat hongkong juga bisa diberikan setiap hari dengan porsi 5 ekor pada pagi dan sore hari.

5. Ulat daun pisang

Ulat daun pisang merupakan makanan favorit burung Kepodang di alam bebas. Jadi kalau memungkinkan, berikan juga ulat daun pisang setiap hari sebanyak 2-3 ekor dipagi hari, tapi kalau tidak memungkinkan usahakan tetap diberikan seminggu 2 kali karena memang agak susah untuk mendapatkan ulat jenis ini. Ulat daun pisang sangat bagus diberikan pada burung Kepodang bakalan karena bisa membuat burung cepat bunyi.

Lakukan perawatan di atas secara rutin dan konsisten agar burung Kepodang bakalan tetap sehat dan cepat bunyi. Jika dirawat dengan baik, burung Kepodang pasti akan rajin bunyi dan akan gacor setelah burung benar-benar mapan.


Demikian sedikit informasi tentang perawatan burung Kepodang bakalan agar cepat bunyi yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar burung Kepodang, dapat dibaca pada artikel On Kicau lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Cara merawat burung Kepodang bakalan agar cepat bunyi"